Blok Tangguh bisa jadi pusat energi Indonesia timur

Jum'at, 22 Maret 2013 - 14:43 WIB
Blok Tangguh bisa jadi pusat energi Indonesia timur
Blok Tangguh bisa jadi pusat energi Indonesia timur
A A A
Sindonews.com - Deputi Pengendalian Keuangan Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Akhmad Syakhroza menjelaskan, bahwa Blok Tangguh dengan daya akomodasi slot (lahan) hingga delapan slot bisa menjadi pusat energi baru di Indonesia timur.

"Tangguh punya daya akomodasi delapan slot untuk dijadikan train. Secara resource dan reserve sudah tiga slot (yang dioperasikan), jika ada sumber migas ditemukan lagi, maka pasang slot di slot empat, lima, dan seterusnya," katanya seusai rapat pimpinan SKK Migas dengan BP Indonesia, di Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, Blok Tangguh bisa menjadi energi center baru di Indonesia timur. Pihaknya juga mengharapkan BP Indonesia dapat memenuhi beberapa slot tersebut dan menjaikan Blok tangguh sebagai pusat energi baru.

"Kami sebagai pemerintah menunggu BP Indonesia melaksanakan ini dan memang akan dibuka delapan slot," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Head of Country BP Indonesia, Dharmawan Samsu mengatakan, proyek pembangunan kilang LNG (Liquefied Natural Gas) Train 3 di Blok Tangguh sedang proses tender FEED (Front End Engineering and Design) onshore.

Dia memproyeksikan, pada awal 2019 pihaknya sudah dapat memproduksi LNG dari kilang baru tersebut. "Kita berhitung mundur pada awal 2019 sudah produksi, angka ini secara engineering dapat kita pegang. Komitmen itu didasarkan pada engineering estimates reasonable. FEED onshore tahun ini kita targetkan terlebih dahulu," ujarnya dalam kesempatan yang sama.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7474 seconds (0.1#10.140)