Neraca perdagangan Australia meningkat

Rabu, 03 April 2013 - 12:13 WIB
Neraca perdagangan Australia meningkat
Neraca perdagangan Australia meningkat
A A A
Sindonews.com - Neraca perdagangan Australia Februari 2013 meningkat karena ekspor sumber daya utama, seperti batu bara dan bijih besi tumbuh.

Biro Statistik Australia melaporkan, neraca perdagangan 'Negeri Kanguru' menyempit menjadi USD178 miliar pada Februari 2013, dari defisit USD1,215 miliar pada Januari. Hasil ini jauh di bawah ekspektasi defisit pasar USD1 miliar. Sementara Ekspor naik tiga persen pada Februari, dan impor turun satu persen, .

Kepala ekonom CommSec, Craig James mengatakan, angka perdagangan baru-baru ini telah rumit akibat gangguan cuaca. Namun, dia mengharapkan posisi perdagangan Australia akan terus meningkat dalam beberapa bulan ke depan.

"Isu-isu cuaca sebagian besar keluar dari jalan. Di belakang volume yang lebih tinggi, kita melihat perdagangan akan surplus dalam beberapa bulan ke depan," ujarnya, seperti dilansir dari The West Australian, Rabu (3/4/2013).

Sementara Macquarie, ekonom senior dari Brian Redican mengemukakan, kenaikan ekspor terutama disebabkan rebound harga bijih besi. Volume ekspor mineral sebenarnya cukup lemah karena kondisi cuaca buruk selama sebulan.

Dia memprediksi harga bijih besi kemungkinan akan turun lagi, mengimbangi kenaikan volume ekspor tambang baru.

"Volume ekspor akan tumbuh pada kecepatan tinggi satu digit selama 12 bulan ke depan, sehingga akan terjadi pertumbuhan yang solid. Tapi kita melihat penurunan harga lebih dari itu, sehingga nilai keseluruhan ekspor akan mundur," jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6449 seconds (0.1#10.140)