Kredit kontruksi fokus kerja sama Bank Sulut-ASEI

Sabtu, 06 April 2013 - 16:38 WIB
Kredit kontruksi fokus kerja sama Bank Sulut-ASEI
Kredit kontruksi fokus kerja sama Bank Sulut-ASEI
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama Bank Sulut, James C Salibana mengatakan bahwa pemberian kredit merupakan bisnis utama bank konvensional. Jika bank ingin bertumbuh, Bank Sulut berharap kerja sama yang dijalin dengan Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) dapat membuat peluang meningkatkan penyaluran kredit, selain meminimalkan resiko.

"Bank konvesional itu bisnis utamanya kredit, dalam jasa perbankan kalau mau profit tumbuh, kita harus ekspansi kredit. Dengan melaksanakan kerja sama dengan ASEI akan membuat peluang dari operasional kredit," ujarnya kepada Sindonews di Royal Jakarta Golf Club, Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Kerja sama dalam pemberian kredit untuk usaha mikro, yang dilakukan dengan Asuransi ASEI akan dilaksanakan pada sektor kredit konstruksi dan garansi bank terlebih dahulu.

"Sedangkan untuk pembiayaan konstruksi sendiri mungkin kita konsorsium dengan bank lain karena harus disesuaikan dengan aset Bank Sulut juga," ungkapnya.

James menjelaskan bahwa dalam kerja sama tersebut diharapkan terjadi wan ekspor atau resiko-resiko yang dapat diatasi, sehingga ke depannya akan memberikan efisiensi dan kontribusi positif terhadap perusahaan.

"Karena ada resiko yang manageable dan tidak, contoh suku bunga itu tidak bisa kita manage tetapi overheat cost bisa kita manage," ujarnya.

James menambahkan, terkait efisiensi, Bank Sulut merupakan bank dengan rasio Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) baik, sehingga efisiensi yang dilakukan dengan menggandeng ASEI ini bisa memberikan nilai tambah.

"Ukurannya efisiensi perbankan itu kan BOPO, semakin rendah semakin bagus. Bank Sulut ini termasuk bank yang tingkat efisiensinya bagus. Pada tahun 2012, rasio BOPO kami sebesar 77 persen, sedangkan tahun ini kami menargetkan 72 persen, sehingga efisiensi ini bisa memberikan nilai tambah," tukasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6178 seconds (0.1#10.140)