Kemendag dipercaya pimpin kerja sama lintas sektoral

Selasa, 09 April 2013 - 16:09 WIB
Kemendag dipercaya pimpin kerja sama lintas sektoral
Kemendag dipercaya pimpin kerja sama lintas sektoral
A A A
Sindonews.com – Kerja sama Indonesia dan Uni Eropa (UE) trade support program (TSP) II akan berlangsung hingga tahun 2014 dengan total dana hibah dari UE sebesar 15 juta euro. Sebelumnya, program TSP I telah berjalan pada 2005-2009 dengan dana hibah 8,5 juta euro.

Dalam upaya meningkatkan penetrasi ekspor Indonesia ke pasar Uni Eropa, program ini melibatkan beberapa Kementerian dan Lembaga (K/L) negara. Antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Badan Standarisasi Nasional (BSN), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kerja sama lintas sektoral tersebut dikoordinasi oleh Kementerian Perdagangan.

Untuk tahun ini, direncanakan Uni Eropa akan memberikan pelatihan ekspor kepada pelaku usaha di Indonesia agar mampu menghasilkan produk yang ramah lingkungan sekaligus memenuhi standar kesehatan.

“Bila pelatihan ini sukses, produk Indonesia akan mudah masuk pasar Eropa yang menuntut prasyarat ramah lingkungan,” ujar Dubes Uni Eropa untuk Indonesia, Brunai dan ASEAN, Julian Wilson di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Untuk informasi, secara keseluruhan hingga tahun 2014, terdapat lima pilar kerja sama antara Indonesia dengan UE dalam program ini. Diantaranya penguatan kestabilan fiscal dan macro ekonomi, peningkatan ekspor, kerja sama untuk meningkatkan iklim investasi. Kemudian kelestarian lingkungan hidup, dan peningkatan integrasi ASEAN dalam kerangka Free Trade Area (FTA).

Untuk pilar pertama, yakni penguatan kestabilan fiscal dan makro ekonomi, selain Uni Eropa juga dilibatkan pemerintah Belanda, Swiss dan USAID. Dalam hal ini, Kementerian Keuangan akan berperan sebagai steering committee.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5586 seconds (0.1#10.140)