Menteri keuangan zone euro-UE bahas bailout Siprus

Jum'at, 12 April 2013 - 11:32 WIB
Menteri keuangan zone...
Menteri keuangan zone euro-UE bahas bailout Siprus
A A A
Sindonews.com - Menteri keuangan zona euro dan Uni Eropa (UE) hari ini bertemu di Dublin untuk menyelesaikan bailout Siprus serta mempertimbangkan perpanjangan tanggal pembayaran utang Portugal dan Irlandia. Mereka juga akan membahas upaya memberantas penggelapan pajak.

Pertemuan dilakukan sehari setelah Siprus membuat pengumuman mengejutkan, bahwa bailout dari Uni Eropa-IMF telah melonjak menjadi 23 miliar euro (USD30 miliar AS). Mereka khawatir hal ini dapat menempatkan perekonomian negara tertatih-tatih dalam keruntuhan dan membahayakan deposito bank besar.

Dilansir dari AFP, Jumat (12/4/2013), para menteri dari 17 negara anggota mata uang tunggal euro berkumpul untuk pertama kalinya bersama 10 negara non-euro, rekan mereka dari Uni Eropa. Disebutkan, mereka akan membahas pemotongan, penggalangan dana dan reformasi bailout Siprus sebesar 10 miliar euro dari lembaga pinjaman internasional.

Siprus harus melakukan pembayaran pertama yang jatuh tempo pada awal Mei, di saat Nicosia membutuhkan akses uang tunai sebesar 75 juta euro untuk menutupi gaji di sektor publik.

Pertemuan Dublin juga akan membahas laporan dari Troika - lembaga kredit dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa (ECB) dan IMF - yang menyatakan bahwa restrukturisasi perbankan akan menempatkan Siprus ke resesi yang mendalam selama dua tahun, dengan produk domestik bruto diperkirakan bakal menyusut 12,5 persen.

Kekhawatiran lain adalah penolakan oleh Mahkamah Konstitusi Portugal dari langkah-langkah penghematan pemerintah yang telah diadopsi di bawah persyaratan bailout 78 miliar euro.

Sementara kendali baru untuk membasmi penipuan pajak, diluncurkan di tengah skandal embroiling pemerintah Presiden Prancis, Francois Hollande, yang saat ini menjadi perhatian.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)