Desain produk tentukan daya saing di pasar

Rabu, 17 April 2013 - 12:23 WIB
Desain produk tentukan daya saing di pasar
Desain produk tentukan daya saing di pasar
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun menegaskan, peningkatan kreativitas perlu terus dilakukan secara kontinyu, karena proses kreatif tidak akan pernah berhenti. Hal ini disebabkan keinginan, serta harapan konsumen selalu berubah dari waktu ke waktu.

Desain juga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam peningkatan daya saing produk. Oleh karena itu, untuk memenangkan kompetisi pasar, para pelaku usaha harus selalu kreatif, kaya ide atau gagasan, dan mampu menciptakan sesuatu yang baru.

Di dalam mendesain suatu produk perlu dilihat perbandingan dengan para pesaing lain atau melihat trend yang sedang laku di pasar, sehingga dapat memenuhi standar kualitas serta tuntutan pasar.

"Kemenperin akan segera mengaktifkan Program dan Lembaga Pusat Desain Nasional untuk menopang masalah-masalah industri yang terkait dengan inisiatif dan inovatif," ujar Alex dalam siaran persnya, Rabu (17/4/2013).

Dirjen IKM, Euis Saedah menambahkan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Hukum dan HAM telah melakukan kerja sama dalam peningkatan pembinaan, pelatihan, dan keterampilan warga binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Anak Wanita Tangerang pada 24 Mei 2012 melalui pelatihan penjahitan dan budidaya lele, yang diikuti sebanyak 60 WBP.

"Diharapkan program pembinaan tersebut dapat membangun jiwa dan pemikiran WBP supaya lebih mandiri, produktif, dan kreatif," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7059 seconds (0.1#10.140)