Mentan keluhkan mahalnya biaya distribusi daging

Rabu, 17 April 2013 - 13:47 WIB
Mentan keluhkan mahalnya biaya distribusi daging
Mentan keluhkan mahalnya biaya distribusi daging
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian Suswono menyatakan, upaya peningkatan produksi daging sapi sebagai upaya mencapai swasembada pangan terkendala mahalnya biaya distribusi.

"Kita akan maksimalkan produksi dalam negeri. Tapi itu kan terkendala distribusi," kata Suswono usai mengikuti rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Rabu (17/4/2013).

Suswono menjelaskan, biaya logistik dengan menggunakan kereta api saat ini lebih mahal daripada menggunakan truk. Selain itu, lanjut Suswono, upaya Kementan sedikit terkendala minimnya anggaran.

"Hanya saja, untuk tahun ini anggaran Kementerian kita dikurangi. Tapi ya sudahlah, kita berusaha saja," ujar Suswono.

Diberitakan sebelumnya, demi mengatasi masalah ini, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempersiapkan sarana-sarana transportasi yang memadai bagi kegiatan distribusi daging sapi dari NTT.

"Kami dengan Kemenhub yang jelas sudah angkutan KA sedang disiapkan. Termasuk juga dengan laut. Terutama Jawa Timur yang menjadi perantara dari provinsi lain seperti NTT dan NTB. Transit di Jawa Timur dan kemudian bisa diangkut pakai KA," jelas Suswono.

Suswono berjanji, distribusi daging sapi tidak akan terkendala lagi mulai tahun ini dengan adanya bantuan dari Kemenhub ini. Saat ini, lanjutnya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan sudah mempersiapkan sarana-sarana transportasi untuk distribusi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7226 seconds (0.1#10.140)