Prudential luncurkan produk asuransi mikro pertama

Rabu, 17 April 2013 - 17:19 WIB
Prudential luncurkan...
Prudential luncurkan produk asuransi mikro pertama
A A A
Sindonews.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan PRUaman, produk asuransi mikro pertama dari Prudential yang ditujukan untuk perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah.

Presiden Direktur Prudential Indonesia, William Kuan mengatakan, selain memiliki harga yang terjangkau, produk PRUaman mudah diakses melalui Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Perkreditan Rakyat ketika mereka dihadapkan pada peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup mereka.

Di lain pihak, Lembaga keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok yang diberikannya kepada nasabah, yang pada gilirannya dapat mendorong perkembangan industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.

“Untuk segmen mikro, kami ingin menciptakan produk asuransi jiwa bagi mitra dan nasabah kami dengan menyatukan empat kriteria kunci yang merupakan prioritas bagi mereka,” jelas William dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Keempat kriteria yang membentuk landasan dari PRUaman adalah aksesibilitas, harga yang terjangkau, kesederhanaan, dan kemudahan dalam penggunaan. Perusahaannya bertekad untuk menciptakan produk yang memiliki aksesibilitas tinggi dan harga yang terjangkau, mudah untuk dibeli, proses pertanggungan yang sederhana dan mudah untuk digunakan dalam hal pengajuan klaim.

Prudential juga melakukan serangkaian 12 diskusi kelompok terfokus dengan 73 peserta dan wawancara mendalam terhadap nasabah berpendapatan rendah dan lembaga penyedia keuangan mikro. Riset ini dilakukan selama dua tahun dengan mengumpulkan data dari lima provinsi dan 13 kota.

Di segmen mikro, asuransi dianggap mahal, dengan proses persyaratan, pertanggungan dan klaim yang rumit. Karena kesadaran akan perlindungan asuransi yang rendah di segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, pada umumnya pihak keluarga akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak Lembaga Keuangan Mikro yang menanggung beban kerugian finansial.

“Setelah riset mendalam yang kami lakukan, PRUaman adalah solusi yang kami tawarkan, dan pada giliranya akan membantu meningkatkan pinjaman modal bagi rumah tangga berpendapatan rendah yang membutuhkannya,” jelas Corporate Marketing and Communications Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo.

PRUaman menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan tarif terendah sebesar Rp2,000 per tahun. Tarif ini bersifat tunggal, yang berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman. Tarif premi tunggal ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang tepat untuk setiap anggota.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)