Pameran industri kertas targetkan transaksi Rp2 M

Kamis, 18 April 2013 - 16:32 WIB
Pameran industri kertas targetkan transaksi Rp2 M
Pameran industri kertas targetkan transaksi Rp2 M
A A A
Sindonews.com - Pameran Pulp & Paper Asia 2013 resmi dibuka di Jakarta International Expo (JIExpo) selama dua hari, yakni pada 18 sampai 19 April 2013. Kegiatan ini dihadiri Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi.

Pulp & Paper Asia merupakan pameran pulp, kertas, dan board terbesar di Indonesia ditujukan bagi para profesional di industri pulp dan kertas yang mencari informasi mengenai mesin, peralatan, service, dan supplier serta perkembangan teknologi terbaru.

Managing Director Fireworks Indonesia selaku penyelenggara 2nd Pulp & Paper Asia 2013, Susan Tricia mengatakan, pada pameran business to business ini para peserta dan pengunjung juga dapat melihat peluang pengembangan pasar dan jaringan bisnis di tingkat regional maupun internasional.

Berdasarkan laporan USDOC International Trade Administration, hampir 100 persen mesin dan suku cadang yang digunakan di pabrik-pabrik pengolahan pulp dan kertas masih diimpor dari luar negeri dan tidak ada produksi mesin lokal.

Akibatnya, sebagian besar produsen pulp dan kertas Indonesia melakukan perawatan sendiri terhadap mesin pengolahan yang mereka miliki.

"Pameran Pulp & Paper Asia adalah event yang penting untuk dihadiri bagi para pengusaha di industri pulp dan kertas Indonesia karena mereka diberikan kesempatan untuk memperoleh solusi yang lebih baik yang dihadapi industri saat ini. Selain itu mereka juga dapat memperluas jaringan dan membangun citra perusahaan," ujar Susan dalam rilisnya, Kamis (18/4/2013).

Pameran Pulp & Paper Asia 2013 diikuti peserta dari dalam negeri dan mancanegara seperti China, Czech Republik, Prancis, India, Jepang, Korea, Malaysia, Rusia, Singapore, Taiwan, USA dan lainya. Mereka memamerkan produk dan pelayanan.

Tahun ini, kata Susan, Pulp & Paper Asia menargetkan transaksi Rp2 miliar dan pengunjung lebih dari 2.000 orang dalam waktu dua hari. Beberapa perusahaan besar yang berpartisipasi di pameran Pulp & Paper Asia 2013 antara lain, Asia Pulp and Paper Tbk, Riau Andalan Pulp and Paper, Sopanusa Tissue & Packaging, Kertas Leces, dan Balai Besar Pulp dan Kertas.

Selai itu, Paper Chine, Asten Johnson, Marubeni Corporation, SEW Eurodrive Pte, Ltd. Hal tersebut diharapkan adanya respon positif terhadap pameran yang merefleksikan potensi besar dari pasar pulp dan kertas Indonesia.

"Beberapa mesin yang dihadirkan antara lain mesin-mesin paper manufacturing, paper convertor, paper machine clothing, instruments, pumps dan valve machinery," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5620 seconds (0.1#10.140)