Kehabisan solar, petani Madiun terancam gagal panen

Jum'at, 19 April 2013 - 11:17 WIB
Kehabisan solar, petani Madiun terancam gagal panen
Kehabisan solar, petani Madiun terancam gagal panen
A A A
Sindonews.com - Karena kehabisan solar, sejumlah mesin traktor yang sedang membajak sawah milik para petani di Madiun, Jawa Timur mogok. Akibatnya, pengolahan tanah gagal dilakukan hingga para petani mendapatkan solar. Para petani berharap pemerintah mengalokasikan solar khusus bagi para petani.

Mogoknya sejumlah mesin traktor milik para petani ini terjadi di Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Madiun, Jumat (19/4/2013) pagi. Mesin traktor yang sedang digunakan membajak sawah tiba-tiba mogok karena kehabisan solar. Para petani terpaksa menghentikan mengolah tanah, hingga mereka mendapatkan kembali solar dari SPBU.

Akibatnya, lahan sawah petani ini belum bisa ditanami bibit padi. Mereka terancam gagal mendapatkan hasil maksimal pada musim panen mendatang.

"Biasanya untuk mengolah satu petak lahan seluas seribu meter persegi, dibutuhkan 4 liter solar, jelas Budiono, petani yang traktornya mogok.

Sebagai rakyat kecil, para petani tersebut berharap agar pemerintah mengalokasikan solar khusus bagi petani. Bahkan mereka mengaku siap harga dinaikkan dengan jaminan bisa mudah mendapatkan solar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5410 seconds (0.1#10.140)