Gita gelar pertemuan dengan Mendag AS

Minggu, 21 April 2013 - 14:32 WIB
Gita gelar pertemuan...
Gita gelar pertemuan dengan Mendag AS
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan melakukan pertemuan dengan beberapa Menteri Perdagangan APEC yaitu Mendag Amerika Serikat, Kanada, dan Chili di sela-sela pertemuan APEC, Ministers Responsible for Trade di Surabaya baru-baru ini.

Pertemuan tersebut guna membahas perkembangan beberapa isu yang menjadi perhatian. Diantaranya impor hortikultura, daging sapi, environmental goods list, dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut Gita menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan revisi atas kebijakan impor hortikultura, dan dalam waktu dekat akan merevisi kebijakan impor daging sapi.

"Tujuan revisi tersebut untuk membuka akses pasar bagi produk hortikultura dan daging serta menciptakan transparansi kebijakan," ujarnya seprti dikutip dari situs resmi Kemendag Minggu (21/4/2013).

Di sisi lain, Gita meminta dukungan ketiga negara tersebut untuk memasukkan produk kelapa sawit dalam environmental goods list. Karena kedua komoditas tersebut merupakan komoditas penting bagi ekonomi Indonesia.

Selain itu, Mendag juga meminta ketiga negara tersebut untuk berpartisipasi aktif dalam APEC Economic Leaders Meeting pada Oktober 2013 dan WTO Ministerial Meeting pada Desember 2013.

Dia memanfaatkan kesempatan ini untuk meminta dukungan ketiga negara tersebut untuk mendukung Mari Elka Pangestu sebagai kandidat Dirjen WTO dari Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)