Awal pekan, IHSG diprediksi konsolidasi

Senin, 22 April 2013 - 08:02 WIB
Awal pekan, IHSG diprediksi konsolidasi
Awal pekan, IHSG diprediksi konsolidasi
A A A
Sindonews.com - Masih adanya kekhawatioran akan kembali terjadi aksi ambil untung (profit taking) ditambah sejumlah data ekonomi yang kurang begitu mendukung membuat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan sedikit lesu pada perdagangan awal pekan ini.

"Mengawali pekan ini, kami perkirakan IHSG akan cenderung bergerak konsolidasi. Investor diperkirakan masih akan mencoba melakukan antisipasi beli terkait laporan keuangan emiten kuartal I. Kisaran support-resistance hari ini 4.975-5.020," terang Analis riset PT Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, Senin (22/4/2013).

IHSG ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan lalu. Penurunan didorong oleh aksi profit taking pasca sebelumnya sempat menembus level 5.000. Penurunan IHSG terjadi di tengah menguatnya sebagian bursa regional terkait optimisme akan penambahan stimulus di Jepang menjelang rapat BoJ, serta naiknya saham berbasis komoditas.

Di sisi lain, pergerakan IHSG masih dibayangi oleh beberapa data makro ekonomi Amerika Serikat (AS) yang dibawa ekspektasi. Laporan keuangan korporasi AS kuartal 1/2013 juga di bawah ekspektasi.

Sejauh ini, sudah 85 perusahaan di S&P 500 yang merilis kinerja dan sebanyak 75 persen berhasil melampaui perkiraan.

"Laporan keuangan ini penting karena investor sedang melihat apakah kinerja emiten sejalan dengan perkiraan di tengah pelemahan data ekonomi global. Jika bisa lebih baik maka pasar mendapat kepercayaan lagi untuk kembali menguat," tutur Purwoko.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9355 seconds (0.1#10.140)