Megapolitan komitmen kembangkan green building

Senin, 22 April 2013 - 13:48 WIB
Megapolitan komitmen kembangkan green building
Megapolitan komitmen kembangkan green building
A A A
Sindonews.com - PT Megapolitan Developments terus mengembangkan investasi di kawasan Cinere, Depok. Serangkaian proyek yang tengah digarap di antaranya pembangunan apartemen Cinere Bele.

PT Megapolitan sudah memulai proyek Megapolitan Cinere Estate di kawasan Cinere yang dibangun pada 1979. Pembangunan rumah mewah pada 1987 dengan nama Puri Cinere itu berhasil menjadi kawasan Graha Cinere, dikembangkan juga Pusat Perbelanjaan-Cinere Mall.

Saat ini Megapolitan mulai memasarkan mega proyek terbarunya, yaitu Cinere Centro terdiri dari apartemen Cinere Bellevue dan beberapa future project lainnya yang mulai disiapkan di antaranya adalah Kondotel Swiss-Bellin di Karawaci.

Direktur Utama PT Megapolitan Developments Tbk L Melani Lowas Barak Rimba mengatakan, saat ini untuk lebih peduli terhadap lingkungan, Megapolitan tengah menuju ke arah pembangunan green building. Melani mengklaim telah mengundang sejumlah pakar untuk mempersiapkan konsep green building.

"Kami undang beberapa pakar untuk berbicara soal konsep green, kami baru akan merambah, baru bertanya bagaimana konsep green building seutuhnya. Untuk memberi sedikit gambaran tentang green building. Karena kita perlu memikirkan nasib generasi kita yang akan datang," ujarnya dalam acara Penanaman Pohon di Graha Cinere, Depok, Senin (22/4/2013).

Langkah PT Megapolitan tersebut didukung oleh Pemerintah Kota Depok. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Zamrowi mengatakan, konsep green building bisa dimulai dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan sistem pemilahan sampah yang diterapkan pengembang.

"Kalau Megapolitan ingin menerapkan konsep Green Building, Green House, maka pemilahan sampah bisa jadi topik utama. Bisa jadi Standar Operasional Prosedur (SOP) dimana menggerakkan rumah memilah, lalu dikoneksikan kemana sampah dibuang, ada sistem angkutannya, lalu kerja sama dengan pengepul," ungkap Zamrowi.

Zamrowi menambahkan penanaman pohon juga baik dilakukan oleh pengembang, terutama jenis pohon trembesi. Sebab, kata dia, pohon tersebut merupakan pohon pelindung yang bisa mereduksi karbon.

"Menanam pohon langka dan buah-buahan adalah baik. Pohon pelindung bagus juga. Trembesi atau mahoni bisa reduksi karbon. Per tahun, paling sanggup hadirkan udara segar. Kami sudah lakukan itu di pinggir-pinggir jalan di Depok. Berjuang untuk bumi," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9125 seconds (0.1#10.140)