Inggris terhindar resesi, pounds menguat dalam 9 bulan

Sabtu, 27 April 2013 - 14:18 WIB
Inggris terhindar resesi, pounds menguat dalam 9 bulan
Inggris terhindar resesi, pounds menguat dalam 9 bulan
A A A
Sindonews.com - Mata uang poundsterling melonjak ke level tertinggi dalam 9 bulan terhadap dolar pekan ini, menanggapi laporan pemerintah yang menunjukkan ekonomi Inggris terhindar dari resesi pada kuartal terakhir.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (27/4/2013), Menteri Keuangan Inggris, George Osborne mengatakan, pounds menguat terhadap 16 mata uang utama, sebagai tanda yang menggembirakan bahwa ekonomi tumbuh membaik.

Bank sentral Inggris (BoE) selanjutnya akan bertemu pada 8-9 Mei mendatang, setelah para pembuat kebijakan terbagi apakah akan memperpanjang program pembelian aset yang cenderung mendevaluasi mata uang sebesar 375 miliar pound (USD581 miliar) atau tidak.

Obligasi pemerintah Inggris jatuh sebagai laporan produk domestik bruto (PDB) yang mendorong permintaan untuk aset berimbal hasil lebih tinggi.

"Pound rebound berkat kejutan PDB yang mendorong beberapa pasar menutup posisi short sterling," kata Neil Jones, kepala penjualan hedge fund di Mizuho Corporate Bank Ltd, London, mengacu pada pedagang mengakhiri taruhan mata uang akan melemah.

Pounds naik 1,6 persen minggu ini menjadi USD1,5489 pada pukul 5 sore di London kemarin, kenaikan terbesar sejak periode yang berakhir 20 April. Mata uang Inggris dihargai 1,8 persen selama lima hari perdagangan menjadi 84,11 pence per euro.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan PDB tumbuh 0,3 persen pada kuartal pertama, di mana PDB tahun sebelumnya tumbuh 0,6 persen, merupakan terbesar sejak kuartal keempat 2011.

"Saya tidak bisa menjanjikan jalan di depan akan selalu halus. Namun, dengan terus menghadapi masalah di kepala kami, Inggris sudah mulai pulih dan kami sedang membangun ekonomi yang cocok untuk masa depan," kata Osborne, dalam pernyataan yang dirilis oleh Departemen Keuangan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7239 seconds (0.1#10.140)