Premium dua harga tak pengaruhi penjualan mobil

Senin, 29 April 2013 - 13:58 WIB
Premium dua harga tak pengaruhi penjualan mobil
Premium dua harga tak pengaruhi penjualan mobil
A A A
Sindonews.com - Kebijakan pemerintah untuk membuat dua harga terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium diprediksi tidak mempengaruhi penjualan mobil. Kebijakan tersebut dianggap sama ketika Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakkan kenaikan Down Payment (DP) minimal 30 Persen.

Direktur Honda Surabaya Center (HSC) Rudy Soerjanto mengatakan, BBM dua harga yang pertama sekitar Rp4.500 untuk kendaraan roda dua dan angkutan umum. Sementara untuk mobil pribadi kisaran Rp6.000. Meski demikian, adanya kenaikan harga bagi mobil pribadi, tidak berpengaruh kepada penjualan mobil.

"Saya pikir enggak ada pengaruhnya. Meski harga BBM naik, mereka yang ingin mobil baru tentu akan membeli tidak peduli BBM naik atau tidak," kata Rudy, Senin (29/4/2013).

Rudy mencontohkan, bayang-bayang adanya penurunan penjualan mobil sama ketika BI menaikkan jumlah DP beberapa waktu lalu hingga 30 persen.

"Ternyata waktu itu mempengaruhi permintaan mobil baru. Memang untuk segmen roda dua sempat terpengaruh. Tapi untuk kenaikan BBM ini saya kira akan mempengaruhi penjualan," ujarnya.

Rudy juga menjelaskan, pangsa pasar (market share) untuk segmen sedang memang cenderung mengecil. Namun demikian tetap ada pertumbuhan. Sehingga market share untuk segmen ini terlihat stagnan.

Untuk mengantisipasi itu, Honda memiliki strategi. "Contohnya untuk varian All New Accord ini. Yang memang sudah bukan masuk segman sedan tapi full sedan," jelasnya.

Untuk varian ini, memang kejar-kejaran dengan rival setaranya yakni sedan Camry besutan Toyota. Di Jatim-Bali, Nusa Tenggara untuk sedan market share-nya sekitar 34 Persen. Sementara untuk Jawa Timur mencapai 88 Persen. Untuk Accord sendiri market Jatim mencapai 20 persen. "Jika Jatim plus untuk Accord mencapai 24 Persen," tandas pria berkacamata ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0180 seconds (0.1#10.140)