Perusahaan dalam negeri harus perkuat pasar lokal

Selasa, 28 Mei 2013 - 17:58 WIB
Perusahaan dalam negeri harus perkuat pasar lokal
Perusahaan dalam negeri harus perkuat pasar lokal
A A A
Sindonews.com - Pakar Marketing, Hermawan Kartajaya menilai suatu perusahaan dan produk lebih penting untuk bermain di pasar lokal.

Mereka akan lebih mudah untuk mengenali pelanggannya. Hal ini akan menjadikan perusahaan ini bisa memenangkan persaingan di level nasional.

"Local champion bukan berarti jago kandang, tetapi justru bisa jadi pemenang nasional," ujarnya pada pembukaan Indonesia Marketeers Festival 2013 di Royal Ambarrukmo Yogyakara, Selasa (28/5/2013).

Founder dan CEO MarkPlus ini melihat inovasi suatu produk lebih dilirik konsumen dan mudah mudah dikenal pasar. Tidak heran jika perusahaan yang unggul di kancah lokal akan lebih diperhitungkan dalam persaingan.

"Menjadi juara di beberapa wilayah, pada akhirnya juga menjadi pemenang di tingkat nasional," ujarnya.

Gubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono mengatakan, pendekatan emosional akan lebih diterima. Tiga hal yang dihadapi marketing, yaitu harga, produk, dan promosi harus bisa disikapi dengan tepat. Emosional akan mengikat hubungan dengan konsumen.

"Produk baru dan murah tidak cukup, perlu juga pendekatan secara emosional sehingga lebih personal," kata Sultan.

Mengangkat Tema on Becoming Local Hero, forum ini dihadiri perwakilan dari BUMN dan BUMD. Pertemuan ini menjadi ajang berinteraksi, proses ide dan berbagi pengalaman. Acara ini juga melakukan studi kasus tentang kesuksesan PT Pos Indonesia.

PT Pos Indonesia yang sempat ditinggalkan pelanggan, mampu bangkit dengan melakukan jasa surat, logistik dan pengiriman jasa keuangan. Perusahaan yang sempat merugi Rp71 milliar ini, mampu bangkit dan meraup keuntungan Rp98 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)