Thailand pangkas suku bunga acuan 2,5%

Rabu, 29 Mei 2013 - 17:32 WIB
Thailand pangkas suku bunga acuan 2,5%
Thailand pangkas suku bunga acuan 2,5%
A A A
Sindonews.com - Thailand telah memangkas suku bunga acuan sebesar 0,25 poin persentase, sebagai penurunan pertama dalam tujuh bulan setelah perekonomian domestik mengalami kontraksi pada kuartal pertama (Q1) 2013.

Bank Sentral Thailand mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang lemah di China, Amerika Serikat dan Uni Eropa telah membebani perekonomian Thailand, sehingga mengurangi suku bunga acuan menjadi 2,5 persen.

"Ekspor kemungkinan menghadapi risiko penurunan karena pertumbuhan yang lambat di China. Sementara tekanan inflasi telah mereda," kata Bank Sentral Thailand dalam sebuah pernyataan.

Bank telah menghadapi tekanan dari pemerintah dan komunitas bisnis untuk menurunkan suku bunga dalam upaya memperlambat arus modal dan membantu melemahkan baht Thailand, yang membuat ekspor Thailand kurang kompetitif.

Perekonomian Thailand menyusut 2,2 persen dalam tiga bulan hingga Maret dari kuartal sebelumnya - kontraksi pertama dalam lebih dari satu tahun - akibat output manufaktur turun.

Pada basis tahunan pertumbuhan PDB melambat menjadi 5,3 persen. Para pembuat kebijakan mengharapkan perekonomian Thailand bangkit kembali dari pelemahan terbaru.

Para analis mengatakan, bank sentral mungkin menjaga kebijakan saat ini dalam beberapa bulan mendatang untuk melihat bagaimana perekonomian yang telah dilakukan.

"Bank akan mempertahankan suku bunga 2,5 persen sepanjang paruh kedua tahun ini, menunggu dan melihat sikap," kata Usara Wilaipich, ekonom senior dari Standard Chartered Bank.
(dmd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1534 seconds (11.210#12.26)