Ekonomi India paling lambat dalam satu dekade

Jum'at, 31 Mei 2013 - 17:57 WIB
Ekonomi India paling lambat dalam satu dekade
Ekonomi India paling lambat dalam satu dekade
A A A
Sindonews.com - Ekonomi India tumbuh sebesar 5,0 persen pada 2012/2013, sebagai tingkat tahunan paling lambat dalam satu dekade. Hasil ini menjadi pukulan berat bagi pemerintahan korupsi menjelang pemilihan umum nasonal yang dijadwalkan tahun depan.

Kepercayaan bisnis rendah, investasi merosot, inflasi tinggi dan permintaan ekspor dari negara-negara Barat lemah menjadi alasan buruknya kinerja perekonomian terbesar di Asia Selatan itu.

Menurut Kementerian Statistik India, pada akhir Maret, produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 4,8 persen year-on-year (yoy), sedikit lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya ketika diperluas sebesar 4,5 persen.

"Momentum pertumbuhan masih lemah dan pemulihan lemah," kata Siddhartha Sanyal, kepala ekonom India di Barclays Capital, seperti dilansir dari Bangkok Post, Jumat (31/5/2013).

Pada 2011/12, ekonomi tumbuh sebesar 6,2 persen, penurunan tajam dari tahun sebelumnya saat pertumbuhan mencapai rekor 9,3 persen.

Lembaga pemeringkat global Standard and Poor`s awal bulan lalu telah memperingatkan, bahwa India menghadapi setidaknya" satu sampai tiga "kemungkinan kehilangan grade berharga di tengah ancaman baru untuk pertumbuhan ekonomi dan reformasi.

Peringkat invetasi India BBB-minus merupakan yang terendah di antara rekan-rekan kelompok BRICS, yaitu Brasil, Rusia, China dan Afrika Selatan, memotong "status sampah" akan menaikkan biaya pinjaman yang cukup besar di negara itu.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pekan ini menurunkan proyeksi pertumbuhan PDB India pada 2013 menjadi 5,3 persen, dari 5,9 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)