Pasar obligasi korporasi RI tertinggi di Asia Timur

Kamis, 06 Juni 2013 - 15:57 WIB
Pasar obligasi korporasi RI tertinggi di Asia Timur
Pasar obligasi korporasi RI tertinggi di Asia Timur
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan pasar obligasi korporasi Indonesia mencapai pertumbuhan tertingginya di Asia Timur hingga mencapai 26,9 persen year on year (yoy) menjadi USD20 miliar.

Hal tersebut tercantum dalam Asia Bond Monitor edisi terbaru yang diterbitkan Asian Development Bank seperti dikutip Sindonews dari situs Kementerian Keuangan, Kamis (6/6/2013).

"Pertumbuhan tersebut dikuti pasar obligasi korporasi China yang mengalami pertumbuhan 25,3 persen yoy menjadi USD1,1 triliun," kata laporan tersebut.

Sedangkan menurut laporan ADB, pasar obligasi mata uang lokal Indonesia tumbuh 13,9 persen yoy menjadi USD119 miliar. Dan pasar obligasi pemerintah tumbuh 11,6 persen yoy menjadi USD98 miliar.

"Pada kuartal pertama penerbitan obligasi korporasi baru didominasi oleh sektor perbankan dan institusi finansial," tuturnya.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa kepemilikan asing pada obligasi pemerintah dalam mata uang lokal di Asa Timur terus tumbuh pada kuartal pertama karena imbal hasil (yield) di kawasan ini lebih menarik dibandingkan pasar Amerika Serikat dan Eropa.

"Sedangkan persepsi kualitas kredit Asia setara bahkan melebihi ekonomi negara-negara maju tersebut," pungkas laporan tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8329 seconds (0.1#10.140)