Harga bahan pokok di Tana Toraja masih normal

Jum'at, 07 Juni 2013 - 13:32 WIB
Harga bahan pokok di Tana Toraja masih normal
Harga bahan pokok di Tana Toraja masih normal
A A A
Sindonews.com - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum berpengaruh terhadap harga bahan pokok di Kabupaten Tana Toraja.

Berdasarkan pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional masih relatif normal.

"Belum ada pengaruh rencana kenaikan harga BBM dengan harga bahan pokok di tingkat pedagang pasar. Sampai sekarang harga bahan pokok relatif normal," ujar Kepala Disperindag Kabupaten Tana Toraja, Lexianus Lintin di Makale, Jumat (7/6/2013).

Menurut dia, masih normalnya harga bahan pokok di tingkat pedagang disebabkan pemerintah belum menetapkan besaran kenaikan harga BBM. Pasokan bahan pokok dari distributor ke tingkat pedagang pasar juga relatif lancar.

Disperindag belum mendapati ada jenis bahan pokok tertentu yang mengalami kelangkaan di pasaran. Semua bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari masih mudah diperoleh di pasar lantaran stoknya masih banyak.

Diperkirakan, harga bahan pokok akan mulai mengalami kenaikan jika pemerintah sudah menetapkan waktu dan besaran kenaikan harga BBM. Sudah menjadi fenomena kenaikan harga BBM diikuti dengan naiknya harga bahan pokok.

Kenikan BBM juga akan mempengaruhi biaya produksi serta ongkos angkut barang sehingga pedagang ikut menaikkan harga bahan pokok. "Itu sudah konsekuensi kebijakan menaikkan harga BBM akan diikuti kenaikan harga bahan pokok. Jika tidak dibarengi dengan kenaikan harga bahan, pedagang mengalami kerugian," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3961 seconds (0.1#10.140)