Disperindag Toraja janji pantau harga sembako

Jum'at, 07 Juni 2013 - 13:40 WIB
Disperindag Toraja janji pantau harga sembako
Disperindag Toraja janji pantau harga sembako
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tana Toraja, Lexianus Lintin menegaskan akan melakukan pemantauan dan monitoring terhadap harga bahan pokok di tingkat pedagang pasar setiap hari.

Menurutnya, hasil pantauan langsung dilaporkan ke Disperindag Provinsi Sulawesi Selatan. Hal itu guna mengantisipasi jika harga bahan pokok mulai merangkak naik jelang diumumkannya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah.

Dia mengakui, akan terus melakukan upaya-upaya pengendalian jika harga bahan pokok merangkak naik menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan melakukan operasi pasar.

Selain itu, melakukan monitoring dan pengawasan guna mengetahui ketersediaan stok bahan pokok di pasaran. Disperindag Tana Toraja juga tidak menutup kemungkinan, rencana pemerintah menaikkan harga BBM dimanfaatkan oknum tertentu untuk mengambil keuntungan dengan cara melakukan penimbunan jenis bahan pokok tertentu.

Pihaknya mengharapkan jelang kenaikan harga BBM, harga sembako tidak akan mengalami kenaikan besar yang dampaknya akan memberatkan masyarakat.

"Setiap hari ada petugas Disperindag Tana Toraja bertugas khusus memantau harga bahan pokok di pasar. Jika kenaikan harga bahan pokok mulai tidak terkendali, kami segera melakukan operasi pasar," jelasnya, Jumat (7/6/2013).

Secara terpisah, Kapolres Tana Toraja, AKBP Yudi AB Sinlaeloe menyatakan, jelang kenaikan harga BBM yang akan direncanakan pemerintah, Polres Tana Toraja menyiagakan personilnya di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Hal itu guna mengantisipasi oknum tertentu menimbun BBM dengan membeli BBM dalam jumlah yang banyak. "Setiap SPBU akan dijaga dua personil polisi yang memantau aktivitas pembelian BBM di SPBU," ungkapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7249 seconds (0.1#10.140)