Bank-bank di China pangkas pinjaman

Senin, 10 Juni 2013 - 11:00 WIB
Bank-bank di China pangkas pinjaman
Bank-bank di China pangkas pinjaman
A A A
Sindonews.com - Bank Rakyat China mengungkapkan, perbankan di negaranya telah menurunkan pinjaman pada Mei 2013. Analis memperingatkan, kondisi ini dapat mengancam pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Bank memperpanjang pinjaman pada Mei, sebesar 667,4 miliar yuan (USD108 miliar), kurang dari 792,9 miliar yuan pada bulan sebelumnya. Pinjaman pada Mei jauh di bawah perkiraan Dow Jones Newswires dalam jajak pendapat 14 ekonom, yakni sebesar 821,3 miliar yuan.

"Kondisi likuiditas lebih ketat dari yang diharapkan," kata bank investasi Goldman Sachs dalam laporan penelitian, seperti dilansir dari Economic Times, Senin (10/6/2013).

"Jika berkelanjutan, stance kebijakan moneter ketat dan fiskal cenderung menempatkan tekanan pada agregat pertumbuhan permintaan," jelasnya.

Goldman menyebutkan perkiraan untuk kuartal kedua China dan produk domestik bruto (PDB) setahun penuh - sebesar 7,8 persen - berwajah "downside risk".

China telah merilis angka ekonomi lainnya pada Mei, mengangkat kekhawatiran atas prospek ekonomi yang tumbuh 7,8 persen pada 2012, sebagai kinerja terburuk dalam 13 tahun. Output industri negara pada Mei, berkembang di kecepatan sedikit lebih lambat. Demikian pula, pertumbuhan investasi mereda sebagai tanda terbaru dari pelemahan.

Analis memperkirakan China harus melonggarkan kebijakan moneter, bahkan memangkas suku bunga untuk menempatkan pertumbuhan ekonomi kembali ke jalurnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7803 seconds (0.1#10.140)