Rupiah loyo, harga sembako di Makassar normal

Rabu, 12 Juni 2013 - 13:38 WIB
Rupiah loyo, harga sembako...
Rupiah loyo, harga sembako di Makassar normal
A A A
Sindonews.com - Melemahnya nilai rupiah terhadap dolar AS yang terjadi saat ini, tidak berimbas pada kenaikan harga sembako di Makassar, Sulawesi Selatan.

Hampir semua pasar tradisional di Makassar harga sembako relatif normal. Misalnya harga beras masih berada diharga Rp7.500 per kilogram (kg) untuk kualitas rendah. Sementara, untuk beras berkualitas tinggi dijual Rp12 ribu per kg. Harga ini masih sama dengan harga pada akhir Mei.

Syaiful, penjual sembako di pasar tersebut mengatakan, harga minyak goreng juga masih normal, yakni Rp10 ribu per liter. Harga ini tidak mengalami peningkatan sejak dua pekan lalu.

"Kalau gula pasir curah juga masih di lepas dengan harga Rp10 ribu per kg," katanya, Rabu (12/6/2013).

Kenaikan harga justru terjadi pada telur ayam. Namun tidak signifikan, dari Rp25 ribu per rak naik Rp3 ribu menjadi Rp28 ribu per rak. Meski demikian, dia mengakui, kenaikan harga telur ini bukan dipengaruhi karena melemahnya nilai rupiah.

"Harga telur memang fluktuatif tiap pekannya tergantung dari ketersediaan stok," kata dia.

Bahkan, lanjut Syaiful, pengaruh rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga belum berdampak pada kenaikan sembako di Makassar. Padahal, biasanya jika BBM akan dinaikkan sebelum kebijakan pemerintah tersebut diterapkan sudah terjadi lonjakan harga sembako di pasaran.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0655 seconds (0.1#10.140)