BBM naik, inflasi capai 2% per bulan

Kamis, 20 Juni 2013 - 16:24 WIB
BBM naik, inflasi capai 2% per bulan
BBM naik, inflasi capai 2% per bulan
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, dengan adanya kenaikan harga Bahan Bakar minyak (BBM), maka inflasi selama 3 bulan dari Juni sampai dengan Agustus akan mencapai 2 persen setiap bulannya.

Tetapi memasuki bulan September dan seiring berpengaruhnya dana kompensasi kepada masyarakat inflasi akan menurun dan efek kenaikan harga BBM mulai terasa di bulan September, walaupun angka inflasi tahunan masih sebesar 7,2 persen.

"Kalau enggak ada kenaikan harga BBM, inflasi hanya 0,7 persen month on month (MoM). Agak tinggi karena dari Juni hingga Agustus inflasi cenderung tinggi. Kalau ada kenaikan harga BBM, perbulannya bisa di atas 2 persen selama tiga bulan," ujarnya di gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Agus menambahkan, Inflasi akan turun berkala, di bulan keempat sudah hilang efeknya. Tapi secara year on year (YoY) akan terus hingga kuartal IV/2013. "Meski masyarakat dapat dana kompensasi, inflasi akhir tahun masih sebesar 7,2 persen," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, stimulus akan diberikan di atas 3 bulan agar mengurangi dampak inflasi. "Stimulus diberikan untuk 4 bulan, makanya ada satu bulan lebih lama dengan inflasi bisa ditekan. Tapi kita akan terus jaga agar inflasi enggak tinggi," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6790 seconds (0.1#10.140)