Penjualan ritel Jerman naik membalikkan perkiraan

Jum'at, 28 Juni 2013 - 16:54 WIB
Penjualan ritel Jerman naik membalikkan perkiraan
Penjualan ritel Jerman naik membalikkan perkiraan
A A A
Sindonews.com - Konsumen Jerman pada Mei 2013 kembali bergairah berbelanja di toko-toko, melebihi perkiraan analis yang memperhitungkan penurunan bulanan keempat dalam penjualan ritel.

Dilansir dari AFP, Jumat (28/6/2013), Kantor Statistik Federal Jerman, Destatis mencatat penjualan ritel pada Mei 2013 naik 0,8 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara ekonom yang disurvei Dow Jones Newswires memperkirakan rata-rata penurunan 0,3 persen, terpaku dalam penurunan tiga bulan sebelumnya. Bahkan, meski angka untuk April direvisi ke atas masih menunjukkan penurunan 0,1 persen.

Konsumsi rumah tangga merupakan faktor kunci dari pertumbuhan ekonomi, meskipun di Jerman kendali aktivitas adalah ekspor.

Pada basis 12 bulan, penjualan ritel pada Mei naik 0,4 persen dari penjualan makanan, minuman dan tembakau. Sementara penjualan non-makanan year-on-year (yoy) tergelincir.

Kenaikan penjualan ritel terjadi sehari setelah data pasar tenaga kerja Jerman pada Juni 2013 kuat, dengan mencatat penurunan pengangguran mengejutkan. Demikian pula kepercayaan konsumen berada di level positif.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6937 seconds (0.1#10.140)