Buruh dan siswa Sidoarjo diusulkan dapat subsidi transportasi

Selasa, 02 Juli 2013 - 14:52 WIB
Buruh dan siswa Sidoarjo diusulkan dapat subsidi transportasi
Buruh dan siswa Sidoarjo diusulkan dapat subsidi transportasi
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo, Jawa timur akan menganggarkan dana kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi siswa dan buruh. Dana kompensasi itu nantinya akan diberikan untuk bantuan operasional Mobil Penumpang Umum (MPU) trayek wilayah Sidoarjo.

Kepala Dishub Sidoarjo HM. Husni Thamrin mengatakan, setelah adanya kenaikan harga BBM, pengusaha angkutan menaikkan tarif MPU. Namun, Dishub melalui peraturan bupati nantinya tidak akam menaikkan tarif MPU bagi siswa dan buruh pabrik.

"Karena tarif MPU untuk siswa dan buruh tidak kita naikkan, kita mengusulkan agar ada dana kompensasi transportasi siswa dan buruh. Namun, kita akan menyalurkan bantuan itu langsung ke pengusaha transportasi," papar Husni Thamrin di Sidoarjo, Selasa (2/7/2013).

Alasan bantuan itu diberikan ke pengusaha dan tidak langsung ke siswa atau butuh, Husni Thamrin mengaku dana itu bisa digunakan untuk perbaikan kendaraan. Apalagi, selama ini banyak MPU yang kondisinya yang tidak layak. Diharapkan dengan bantuan itu MPU di Sidoarjo bisa lebih layak lagi.

Mantan Kepala Kesbanglinmas itu mengaku rencana kenaikan tarif MPU antara 15 sampai 20 persen. Kenaikan tarif ini tidak berlaku untuk siswa dan buruh pabrik. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan agar ada dana kompensasi ke siswa dan buruh dari Pemkab Sidoarjo. "Akan kita anggarkan, tapi tergantung dewan setuju atau tidak," tegasnya.

Ditanya berapa besaran dana kompensasi transportasi untuk siswa dan buruh pabrik, Husni Thamrin mengaku pihaknya masih menghitung kebutuhan yang diperlukan. "Teknisnya masih kita hitung, berapa yang dibutuhkan," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6712 seconds (0.1#10.140)