Sumut akan jadi gerbang utama Indonesia Barat

Rabu, 03 Juli 2013 - 14:59 WIB
Sumut akan jadi gerbang utama Indonesia Barat
Sumut akan jadi gerbang utama Indonesia Barat
A A A
Sindonews.com - Untuk mendukung geopolitik dan geoekonomi, pemerintah membuat dua gerbang utama yaitu gerbang barat dan gerbang timur. Untuk bagian barat Indonesia, Sumatera Utara (Sumut) berperan besar sebagai gerbang utama.

Oleh karena itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa bertekad akan mengembangkan dua moda sebagai gerbang barat Indonesia yaitu darat dan laut.

"Pertama pengembangan gerbang udara Kualanamu yang bisa antisipasi gerakan manusia. Dari saat ini 67 juta manusia akan jadi 100 juta manusia. Kualanamu kita proyeksikan akan jadi hub internasional dan domestik dari kawasan (Indonesia) barat," lanjutnya.

Sedangkan untuk infrastruktur laut, lanjutnya, pemerintah akan mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung yang berfungsi mengembangkan dan mendukung logistik.

"Gerbang laut tadi adalah Kuala Tanjung sebagai hub untuk mendukung logistik yang besar. Dua moda laut dan udara ini punya arti strategis dalam geopolitik dan geoekonomi," jelasnya.

Hatta menyebut secara khusus pelabuhan Kuala Tanjung disiapkan untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang akan meningkatkan persaingan di selat Malaka.

"Pelabuhan Kuala Tanjung akan dituntaskan sehingga ketika oleochemical (olahan sawit) siap maka semua akan siap. Ini sebagai respon tantangan di selat Malaka," terangnya.

Dia juga mengungkapkan, pelabuhan Kuala Tanjung juga akan menurunkan ongkos transportasi dari sebelumnya 14,08 persen akan menjadi 10 persen.

"Interkonektivitas akan menurunkan ongkos produksi menjadi 10 persen dari sebelumnya 14,08 persen. Pembangunan pelabuhan ini berarti memperpendek jarak ekonomi," pungkas Hatta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6070 seconds (0.1#10.140)