KEK Sei Mangkei tingkatkan produksi sawit

Kamis, 04 Juli 2013 - 09:38 WIB
KEK Sei Mangkei tingkatkan produksi sawit
KEK Sei Mangkei tingkatkan produksi sawit
A A A
Sindonews.com - Dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat memacu produksi kelapa sawit pada tahun 2014.

"Pabrik kelapa sawit kami saat ini sudah dapat menghasilkan 75 ribu twenty foot equivalent unit (TEUs) per hari. Dengan jumlah lahan 2002 hektar, maka kehadiran KEK Sei Mangkei diharapkan dapat meningkatkan jumlah produksi kami di tahun 2014," jelas Direktur Utama PTPN III, Bagas Angkasa di KEK Sei Mangkei, Rabu (3/7/2013) malam.

Dia mengaku bahwa sejak lima tahun lalu, pihaknya ingin mengembangkan kawasan industri berbasis kelapa sawit. Dengan demikian, penetapan KEK Sei Mangkei ini sejalan dengan keinginan PTPN III.

"Sejak tahun 2007, PTPN III sudah ingin mengalokasikan lahan di tengah lahan milik kami sebagai tempat pengembangan sawit. Jadi, kawasan industri memang sudah dipersiapkan dari dulu," ujar Bagas.

Dia menjelaskan, penerbitan Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 2012 yang tetapkan kawasan Sei Mangkei sebagai KEK sejalan dengan misi PTPN III untuk meningkatkan produksi kelapa sawit.

Kemarin, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa meresmikan peletakan batu pertama (ground breaking) KEK Sei Mangke di Kabupaten Simalungan, Sumatera Utara. Dengan dimulainya ground breaking tersebut, maka kawasan industri berbasis kelapa sawit itu ditargetkan bisa beroperasi sesuai dengan rencana pada 2015 mendatang.

Sementara pembangunan pabrik pengelolaan kelapa sawit berkapasitas 550 ton per hari ini diperkirakan membutuhkan dana mencapai Rp1,4 triliun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4593 seconds (0.1#10.140)