Stok aman, harga sembako di Jeneponto tetap naik

Kamis, 04 Juli 2013 - 10:04 WIB
Stok aman, harga sembako...
Stok aman, harga sembako di Jeneponto tetap naik
A A A
Sindonews.com - Persediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan di Jeneponto dipastikan tetap aman. Namun, harga beberapa bahan pokok merangkak naik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jeneponto, Rahmansyah Guntur mengatakan, bahan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, bawang, telur, daging, dan gas tetap aman selama Ramadan.

"Stok bahan-bahan pokok aman sepanjang Ramadan, kita telah cek di pasar-pasar tradisional dan mini-mini market yang ada di Jeneponto," katanya
kepada wartawan, Kamis (4/7/2013).

Untuk beras, kata dia, persediaan yang ada di Bulog Jeneponto menjamin hingga Januari 2014. Menurutnya, Jeneponto masih memiliki cadangan beras hingga tiga ribu ton.

"Bahkan untuk beras persediaan kita bertahan hingga awal tahun depan, sehingga kita tak perlu khawatir," ujarnya.

Namun, pihaknya mengakui harga beberapa kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Dia memaklumi atas kenaikan itu, lantaran imbas kenaikan BBM dan tingginya permintaan menjelang Ramadan.

"Harga seperti bawang dan gula memang mengalami kenaikan, tapi kenaikannya masih wajar," kata dia.

Meski demikian, Rahmansyah akan terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat. Jika terjadi lonjakan, maka pemerintah akan melakukan upaya yang bisa menormalkan harga, seperti operasi pasar dan sejenisnya.

"Sejauh ini stok aman dan harga saya kira masih wajar, tapi kita terus
pantau," ucapnya.

Meski ada jaminan ketersediaan barang, salah seorang warga Bonto Sunggu, Mansyur mengatakan, pemerintah harus tetap mengontrol harga di pasaran. Dia khawatir pedagang akan sewenang-wenang menaikkan harga lantaran permintaan yang tinggi.

"Permintaan tinggi, makanya pemerintah harus mengontrol harga di pasaran, agar bisa menormalkan keadaan," kata Mansyur.

Apalagi, kata dia, Ramadan tahun ini bertepatan dengan masa-masa paceklik di Jeneponto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0680 seconds (0.1#10.140)