Harga cabai di Kendal tembus Rp55 ribu/kg

Kamis, 04 Juli 2013 - 10:49 WIB
Harga cabai di Kendal tembus Rp55 ribu/kg
Harga cabai di Kendal tembus Rp55 ribu/kg
A A A
Sindonews.com - Menjelang Ramadan, harga sejumlah bahan pokok di Kendal Jawa Tengah (Jateng) terus merambat naik. Kenaikan harga sembako ini sudah terjadi sejak pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kenaikan tertinggi pada harga cabai merah yang sudah menembus Rp55 ribu per kilogram (kg). Selaian cabai, harga telur dan ayam juga ikut naik karena permintaan meningkat, sementara pasokan menipis.

Sementara, harga cabai rawit dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kg. Kenaikan harga cabai ini membuat pedagang mengeluh, lantaran sepinya pembeli.

Rukijah, pedagang cabai di daerah tersebut mengatakan, banyak pembeli yang mengurangi belanja cabai rawit dan merah, karena harganya mahal dan pedagang menjual secara eceran. Komoditas sayuran juga ikut naik rata-rata Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

Menurutnya, selain harga sayuran dan cabai yang naik tinggi, harga telur dan daging ayam juga ikut merambat naik. Harga telur dan ayam naik karena pasokan menipis. "Banyak warga yang memborong telur untuk kebutuhan Ramadan," uajrnya, Kamis (4/7/2013).

Sementara, Sutriatun, pedagang ayam mengatakan, saat ini mencapai Rp33 ribu per kg dari sebelumnya Rp 27 ribu per kg. Namun, sepinya pembeli membuat pedagang ayam terpaksa menurunkan harga agar dagangannya laku.

Harga telur juga naik cukup tinggi dari Rp18 ribu per kg, kini melonjak hingga Rp25 ribu per kg. Kenaikan harga sembako berdampak pada sepinya pembeli, sehingga pendapatan pedagang di pasar Kendal berkurang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7861 seconds (0.1#10.140)