Harga sembako melejit, stok langka di pasaran

Selasa, 09 Juli 2013 - 09:54 WIB
Harga sembako melejit,...
Harga sembako melejit, stok langka di pasaran
A A A
Sindonews.com - Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Banjarnegara, Jawa Tengah pada pagi ini atau sahari menjelang bulan Puasa terus mengalami kenaikan.

Kenaikan paling tinggi terjadi pada jenis bawang merah, yang naik rata-rata Rp15 per kilogram (kg). Bawang merah yang sebelumnya Rp30 ribu, kini menjadi Rp45 ribu per kg. Sedangkan, cabai merah naik dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kg.

Selain bawang dan cabai, harga daging ayam juga mengalami kenaikan signifikan. Harga ayam ras naik dari Rp26 ribu menjadi Rp32 ribu per kg. Sementara ayam kampung naik dari harga Rp44 ribu hingga menjadi Rp55 ribu per kg.

Selain harga naik, para pedagang juga mengeluhkan kelangkaan barang karena pasokan dari petani berkurang.

"Selain harga naik, barang mulai langka di pasaran. Kita sebagai pedagang juga bingung, padahal permintaan pasar mningkat terus," kata salah satu pedagang, Muhail di Banjarnegera, Selasa (9/7/2013).

Adapun harga gula pasir juga mengalami kenaikan dari Rp9.000 menjadi Rp11 ribu per kg, minyak goreng curah naik dari Rp8.000 menjadi Rp9.500 per kg.

Menurut pedagang, kenaikan harga ini biasanya akan terus terjadi hingga Lebaran mendatang. Karena itu, pemerintah diminta segera membantu menstabilkan harga. Pasalnya, kenaikan yang tak terkendali selain berdampak bagi pedagang akibat sepinya pembeli, juga cukup memberatkan masyarakat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0740 seconds (0.1#10.140)