Jabar siapkan subsidi Rp73 ribu/rumah tangga

Rabu, 10 Juli 2013 - 17:05 WIB
Jabar siapkan subsidi Rp73 ribu/rumah tangga
Jabar siapkan subsidi Rp73 ribu/rumah tangga
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Jabar, Ferry Sofwan Arif mengungkapkan telah menyiapkan mekanisme subsidi bagi masyarakat tidak mampu. Hal ini menyikapi tingginya harga kebutuhan pokok masyarakat.

Menurutnya, subsidi tersebut akan diberikan melalui operasi pasar murah (OPM) kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) yang meliputi empat komoditas yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur ayam. Nilai subsidi yang akan diberikan sebesar Rp73 ribu per rumah tangga untuk satu paket, 5 kg beras, 3 kg gula pasir, 3 liter minyak goreng, serta 2 kg telur ayam.

Dia merinci, subsidi beras sebesar Rp4.000 per kg, gula pasir Rp6 ribu per kg, minyak goreng Rp6 ribu per kg, serta telur ayam Rp8.500 per kg. Ketentuan tersebut, telah ditetapkan pada Peraturan Gubernur (Perbub) OPM kepokmas. Total dana yang disipkan Pemprov Jabar sebesar Rp10 miliar.

"Rumah tangga penerima paket OPM adalah mereka yang tidak mampu yang di data pemkab/pemkot masing-masing. Nanti mereka akan mendapatkan kupon untuk masing masing komoditas," ujarnya, Rabu (10/7/2013.

Untuk menggelar OPM, kata dia, tergantung pada pemkab/pemkot masing-masing. Dengan subsidi tersebut, Ferry berharap masyarakat tidak terlalu terbebani.

Ferry mencontohkan, apabila harga beras Rp9 ribu per kg, maka dengan subsidi Rp4 ribu dan biaya transportasi misalnya Rp1.000, maka masyarakat bisa membeli beras seharga Rp6 ribu per kg. Begitupun dengan komoditas lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4655 seconds (0.1#10.140)