Korea Selatan pertahankan suku bunga 2,5%

Kamis, 11 Juli 2013 - 11:07 WIB
Korea Selatan pertahankan suku bunga 2,5%
Korea Selatan pertahankan suku bunga 2,5%
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Korea Selatan (BoK) hari ini mempertahankan suku bunga di tingkat stabil sebesar 2,5 persen, untuk bulan kedua berturut-turut. Hal ini dilakukan menanggapi ketidakpastian stimulus Federal Reserve AS dan kesengsaraan ekonomi di China.

Keputusan Bank Sentral sebagian besar datang mengantisipasi eksodus kas asing dengan investor kembali ke Amerika Serikat dalam mengantisipasi tingkat yang lebih tinggi dari pembelian aset Fed, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif.

"Ekonomi global diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan moderat yang maju, tapi kemungkinan rollback awal dari perkiraan pelonggaran kuantitatif AS dan perlambatan pertumbuhan ekonomi China tetap menjadi risiko," kata Bank Sentral dalam pernyataannya, seperti dilansir dari AFP, Kamis (11/7/2013).

Pelonggaran moneter menyebabkan banjir uang tunai ke Korsel saat diresmikan pada September lalu, di mana dealer mencari hasil yang lebih baik atas investasi mereka dibanding di wilayah Barat.

Bank secara tak terduga memangkas bunga seperempat persentase poin pada Mei - potongan pertama selama tujuh bulan - yang bertujuan meningkatkan ekonomi terbesar keempat di Asia itu akibat penurunan ekspor, yang menyusut 1,3 persen pada 2012.

Ekonomi telah disengat perlambatan dari pasar nomor satu China, yang dengan sendirinya menderita efek permintaan lemah di Eropa dan Amerika Serikat.

Produk domestik bruto (PDB) Korsel mengalami ekspansi hanya 2,0 persen pada 2012 - pertumbuhan paling lambat dalam tiga tahun.

"BoK mungkin diminta untuk menurunkan suku bunga lagi jika perlambatan China terbukti lebih parah dari perkiraan," kata Hi Investment & Securities, Park Sang ekonom-Hyun.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6701 seconds (0.1#10.140)