Harga sayuran di Makassar terus melejit

Kamis, 11 Juli 2013 - 12:57 WIB
Harga sayuran di Makassar terus melejit
Harga sayuran di Makassar terus melejit
A A A
Sindonews.com - Sejumlah harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai merangkak naik. Kenaikan harga terjadi pada harga sayur mayur seperti cabai, kentang, wortel, kol, bawang merah, dan ayam potong.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional Terong Makassar, harga bahan kebutuhan pokok rata-rata naik, seperti yang terjadi pada harga ayam potong dan harga sayur mayur. Harga ayam potong yang sebelumnya hanya Rp15 ribu perkilogram (kg) menjadi Rp25 ribu per kg.

Sementara, harga cabai besar dari Rp15 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg, cabai rawit dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp80 ribu per kg. Sedangkan wortel dari Rp7 ribu naik menjadi Rp15 ribu per kg, kentang dari Rp6 ribu per kg menjadi Rp10 ribu per kg, harga kol dari Rp5 ribu naik menjadi Rp7 ribu per kg.

"Kalau harga bawang merah juga naik cukup tajam dari Rp30 ribu per kg, naik menjadi Rp45 ribu per kg," kata Mardiana, salah satu pedagang di pasar tersebut, Kamis (11/7/2013).

Menurutnya, harga bahan kebutuhan lainnya seperti gula pasir dan terigu relatif stabil. Dia menilai, kenaikan harga dipicu oleh kurangnya pasokan barang yang disebabkan banjirnya di daerah penghasil sayur sayuran.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6338 seconds (0.1#10.140)