Dahlan resmikan pabrik baterai NIPS

Sabtu, 13 Juli 2013 - 11:03 WIB
Dahlan resmikan pabrik baterai NIPS
Dahlan resmikan pabrik baterai NIPS
A A A
Sindonews.com - PT Nipress Tbk (NIPS) segera meresmikan pabrik baru yang dikhususkan untuk memproduksi baterai lithium di Cilengsi-Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Dalam keterangan persnya, Sabtu (13/7/2013), Direktur Utama NIPS, Jackson Tandiono mengatakan, pabrik baterai lithium pertama di Indonesia ini rencananya akan diresmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

Produk baterai yang diproduksi ini akan digunakan untuk mendukung penyediaan tenaga penggerak pada mobil listrik yang sedang dikebangkan di Tanah Air sebagai salah satu alternatif alat transportasi ramah lingkungan.

NIPS adalah salah satu kosorsium penyokong industri mobil listrik nasional untuk penyedia baterai lithium. Saat ini, perseroan sedang mengembangkan baterai untuk kebutuhan khusus kendaraan tempur seperti tank, kapal selam dan peluru kendali.

Dimanan untuk, riset dan pengembangan produk ini dilakukan bekerjasama dengan Markas Besar TNI.

Tahun 1973, PT Nipress Tbk memulai produksi komponen lempeng positif dan negatif untuk baterai mobil. Tahun 2012 PT Nipress Tbk menguasai market share 30 persen untuk baterai mobil dan sepeda motor domestik dengan merek NS.

Secara nasional, perseroan menguasai market share 50 persen untuk baterai BTS seluler tanah air dengan mereka NS.

Dengan keberhasilan produksi baterai lithiun oleh PT Nipress Tbk, Indonesia semakin siap mengembangkan mobil dan sepeda motor listrik nasional secara mandiri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)