Jelang Lebaran, warga Solo mulai tukar uang

Senin, 15 Juli 2013 - 09:42 WIB
Jelang Lebaran, warga Solo mulai tukar uang
Jelang Lebaran, warga Solo mulai tukar uang
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga Solo dan sekitarnya mulai memganter untuk menukarkan uang dengan pecahan tertentu di Bank Indonesia cabang Surakarta. Penukaran uang baru ini biasanya digunakan warga untuk dibagikan saat Lebaran atau dijual kembali.

Dari pantauan di lapangan, terlihat antrean warga yang menunggu di sebuah gedung ukuran kecil, belakang gedung utama Bank Indonesia cabang Surakarta. Dengan sabar, warga antre giliran berdasarkan urutan waktu kedatangan.

Agar berjalan tertib, petugas keamanan dari BI dan petugas kepolisian bersenjata lengkap tampak mengatur antrean menuju petugas Bank Indonesia.

Bank Indonesia Surakarta menyiapkan tiga loket penukaran, yang melibatkan sejumlah petugas. BI juga memberlakukan sistem cap tangan kepada warga yang sudah menukar uang.

"Ini dilakukan agar warga yang sudah dilayani tidak masuk dalam antrean lagi," kata petugas BI, Siswanto di Surakarta, Senin (15/7/2013).

Dalam antrean penukaran uang pecahan tersebut, selain warga biasa yang sengaja menukar uang untuk dijual kembali dengan harga tertentu, juga dibagikan kepada keluarga dan sanak saudara saat Lebaran.

Salah satu warga Solo, Budi mengatakan, dia menukar uang untuk diberikan kepada keluarganya saat Lebaran tiba.

Sementara itu, BI Surakarta memberikan kesempatan kepada warga Surakarta yang ingin menukar uang pada hari Senin-Kamis, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0550 seconds (0.1#10.140)