Aher usulkan DOC Ayam dikelola BUMN

Senin, 15 Juli 2013 - 13:59 WIB
Aher usulkan DOC Ayam dikelola BUMN
Aher usulkan DOC Ayam dikelola BUMN
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengusulkan agar Day Old Chick (DOC) alias bibit ayam dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Itu agar harga daging ayam lebih terkendali.

"Saya usulnya BUMN (mengelola) DOC supaya terjamin dimana-mana. Kalau DOC (dikelola) oleh swasta khawatir ada permainan," kata Aher di Kantor Bappeda Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (15/7/2013).

Menurutnya, harga dan ketersediaan DOC akan berpengaruh terhadap harga daging ayam. Jika dikelola BUMN, harga DOC hingga daging ayam diyakini akan lebih terkendali.

Aher mengatakan, kemungkinan DOC dikelola oleh BUMD milik provinsi cukup terbuka. "Pokoknya kita lihat kemungkinannya. Kalau bisa (oleh BUMD), mengapa tidak. Tapi usul saya DOC itu diprduksi oleh BUMN," jelasnya.

Ia pun berjanji akan mengupayakan agar DOC dikelola BUMN. Koordinasi akan segera dilakukan dengan Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan.

Selain DOC, Aher juga mengaku akan mengupayakan agar breeding sapi juga dikelola oleh BUMN. "Kita juga akan usahakan breeding bibit sapi diproduksi oleh BUMN," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4608 seconds (0.1#10.140)