BI berharap uang masyarakat kembali ke bank

Senin, 15 Juli 2013 - 15:08 WIB
BI berharap uang masyarakat kembali ke bank
BI berharap uang masyarakat kembali ke bank
A A A
Sindonews.com - Tingginya perputaran uang pada Ramadan dan Lebaran tahun ini diharapkan sebanding dengan keinginan masyarakat menyimpan uangnya di bank pasca Lebaran.

Peneliti Muda Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah VI Jabar Banten, Lolita Moorena mengatakan, kenaikan BI Rate dari 6 persen menjadi 6,5 persen, diharpkan dapat meningkatkan minat masyarakat menyimpang uang di perbankan.

Dana masyarakat yang banyak beredar saat Ramadan dan Lebaran, diupayakan kembali ke bank melalui mekanisme tabungan. "Walaupun, efek kenaikan BI Rate diperkirakan baru terasa tiga bulan ke depan. Kami berharap banyak masyarakat menyimpan uangnya di bank kelak," jelas Lolita, Senin (15/7/2013).

Kenaikan BI Rate, lanjut dia, merupakan upaya BI mengembalikan angka inflasi sesuai target yaitu sekitar 4,5 persen pada 2013. Karena, sebagaimana diketahui, angka inflasi di Jabar year on year (yoy) lebih dari 5,7 persen. Angka tersebut melebihi target inflasi nasional dan Jawa Barat pada 2013.

Dia mengakui, perekonomian Jawa Barat berkontribusi sekitar 20 persen terhadap perekonomian nasional. Sehingga, pergolakan harga serta sektor keuangan akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6846 seconds (0.1#10.140)