DPR: Tindak tegas tengkulak sembako nakal

Rabu, 17 Juli 2013 - 12:37 WIB
DPR: Tindak tegas tengkulak sembako nakal
DPR: Tindak tegas tengkulak sembako nakal
A A A
Sindonews.com - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR, Marwan Jafar meminta agar pemerintah menindak tegas terhadap tengkulak yang mempermainkan harga sembako seenaknya.

"Karena tanpa tindakan yang tegas dari pemerintah, kejadian serupa akan terulang setiap ada momentum tertentu, seperti Ramadan dan Lebaran atau hari-hari besar yang lain," kata Marwan dalam rilisnya, Rabu (17/7/2013).

Menurutnya, jika terindikasi adanya kartel atau mafia pangan dan sembako di Indonesia, maka Komisi Pengawas Persaingan Usaha harus (KPPU) segera ikut mengambil peran.

KPPU bisa menggunakan UU No 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat untuk menjerat para distributor yang melakukan praktek monopoli dan kartel. "Karena kenaikan harga sembako saat ini sudah diluar kewajaran," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah harus melakukan koordinasi dengan semua stakeholder (Kementan, Kemendag, dan lain-lain) yang berkaitan dengan kebijakan pangan juga tidak boleh ditinggalkan.

"Koordinasi itu sangat penting untuk menyatukan langkah dalam menangani permasalahan kenaikan harga sembako ini. Karena tanpa koordinasi akan sangat sulit untuk mencapai solusi yang solutif dan efektif," pungkas Marwan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0530 seconds (0.1#10.140)