Pelindo III siapkan 13 terminal penumpang

Kamis, 18 Juli 2013 - 16:47 WIB
Pelindo III siapkan 13 terminal penumpang
Pelindo III siapkan 13 terminal penumpang
A A A
Sindonews.com - Menghadapi arus Lebaran tahun ini, PT Pelindo III akan memasang sejumlah tenda tambahan pada beberapa terminal penumpang kapal laut yang tersebar di tujuh provinsi di Indonesia.

Antisipasi tersebut akan dimulai dari H-15 hingga H+15 Lebaran. Sedikitnya ada 13 terminal penumpang kapal laut di lingkungan Pelindo III yang dipersiapkan untuk disinggahi para penumpang kapal laut yang hendak mudik dan balik pada Lebaran 2013.

"Dirut kami telah memerintahkan kepada para general manager di cabang yang selama ini menjadi tujuan para pemudik untuk melakukan perbaikan dan renovasi ruangan terminal penumpang agar mampu dan layak untuk menampung penumpang lebih banyak dari kapasitas eksisting serta lebih nyaman," ujar Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto seperti dikutip dari situs resmi perseroan, Kamis (18/7/2013).

Menurut dia, meningkatnya jumlah penumpang pada arus mudik dan balik menggunakan kapal laut, harus diikuti upaya peningkatan pengamanan pada akses keluar dan masuk pelabuhan. Termasuk lokasi terminal penumpang kapal laut.

Edi mengatakan, masing-masing terminal penumpang akan disiapkan posko terpadu Lebaran di bawah komando Otoritas Pelabuhan. Posko terpadu itu akan diisi anggota dari unsur pelabuhan seperti Syahbandar, Pelindo III, Operator Kapal, Kepolisian Pelabuhan, Angkatan Laut, institusi dan unit kerja lainnya.

"Guna menunjang kenyamanan para penumpang kapal laut, terminal penumpang juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung memadai seperti toilet, ruang kesehatan, ruang menyusui, ruang lansia dan difable, kantin, mushola, ruangan khusus merokok, kantin dan souvenir serta hiburan," ujar dia.

Pihaknya memprediksi beberapa pelabuhan strategis di lingkungan Pelindo III akan mengalami peningkatan jumlah penumpang kapal laut. Yaitu, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah, Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah dan Pelabuhan Batulicin Kalimantan Selatan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)