Pelni buka rute Tawau-Nunukan dan Batam-Singapura

Senin, 22 Juli 2013 - 20:31 WIB
Pelni buka rute Tawau-Nunukan dan Batam-Singapura
Pelni buka rute Tawau-Nunukan dan Batam-Singapura
A A A
Sindonews.com - PT Pelni (Persero) berencana akan menambah armada dengan kapal ferry untuk menjangkau wilayah-wilayah yang lebih kecil dan tidak terjangkau kapal yang lebih besar layaknya kapal-kapal Pelni pada umumnya.

Dia mengatakan, kapal jenis ferry berbahan aluminium dengan kapasitas 200 sampai 300 orang ini masih dalam tahap pengkajian oleh tim khusus.

"Kita lihat peluang misalnya angkutan dari Nunukan ke Tawau (Kalimanatan Timur) dengan menggunakan ferry jarak dekat sebagai sebuah pasar baru yang potensial," ujar Direktur Komersial Pelni, Daniel E Bangonan ketika ditemui Sindonews di kantornya, Jakarta, Senin (22/7/2013).

Dia mengaku ingin membuka kapal ferry jarak dekat Nunukan-Tawau ini, antara lain karena reputasi Pelni yang cukup terkenal di mata masyarakat Tawau dan akan menggunakan ini sebagai hub masyarakat Tawau ke kota-kota yang lebih besar seperti Surabaya.

"Karena pada umumnya orang-orang dari Tawau ke Surabaya, Timor, dan Sulawesi via Nunukan pasti menggunakan Pelni dan cukup besar jumlahnya," katanya.

Selain itu, Daniel juga mengaku bahwa perseroan sedang menjajaki kemungkinan membuka kembali rute jarak pendek Batam-Singapura dengan meggunakan kapal ferry.

"Mungkin 2014, karena ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi karena berada dalam tingkat antar negara," tuturnya.

Pihaknya mengakui untuk anggarannya belum mengetahui lebih dalam tapi Daniel meyakini rute-rute tersebut adalah rute gemuk yang bernilai komersil tinggi. "Itu ada di tim berapa anggarannya, tapi saya lihat dari sisi komersial itu adalah peluang," pungkas Daniel.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1313 seconds (0.1#10.140)