BI kaji lakukan swap valas lebih sering

Kamis, 25 Juli 2013 - 12:29 WIB
BI kaji lakukan swap valas lebih sering
BI kaji lakukan swap valas lebih sering
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) mengaku sedang melihat kemungkinan untuk melakukan foreign exchange swap (FX swap) atau swap valuta asing (valas) lebih dari sekali dalam sepekan karena minatnya besar.

"Selain itu, agar menciptakan kondisi yang baik bagi pemilik dana maupun investor," ujar Gubernur BI, Agus Martowardojo di gedung BI, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Kondisi tersebut akan tercipta karena ketika investasi, investor akan melakukan lindung nilai (hedging) yang merupakan instrumen utama dari swap valas tersebut.

"Selain itu, kalau akses permintaan valas yang besar dapat dipenuhi dengan swap valas, maka tekanan pada rupiah akan segera turun," tutur Agus.

Agus menambahkan swap valas memberikan kepastian pada pemilik valas dengan keuntungan dalam tiga atau enam bulan mendatang.

"Itu memberikan kepastian bagi pemilik dana valas. Apabila, dia lepas dana valasnya sekarang atau nanti, di tiga atau enam bulan mendatang, dia bisa dapat dengan harga sesuai dengan yang telah disepakati," pungkasnya.

Seperti diketahui, BI pada 18 Juli lalu telah melakukan lelang swap valas di pasar spot sebesar USD500 juta dengan tenor penjualan kembali satu bulan, tiga bulan dan enam bulan.

Sebanyak 20 bank mengikuti lelang swap valas dengan patokan kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) per Kamis (19/7/2013) senilai Rp10.056 per USD.

Adapun total penawaran mencapai lelang swap valas tersebut melonjak mencapai USD1,24 miliar, namun BI hanya menyerap USD600 juta, dengan rincian USD330 juta dengan tenor satu bulan dan sisanya tenor enam bulan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8602 seconds (0.1#10.140)