KEK Bitung dan Palu segera digarap

Jum'at, 26 Juli 2013 - 10:56 WIB
KEK Bitung dan Palu segera digarap
KEK Bitung dan Palu segera digarap
A A A
Sindonews.com - Setelah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei mulai dibangun pada awal Juli 2013, pemerintah mulai menargetkan sejumlah KEK lainnya untuk mendapat izin tahun ini.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengutarakan ada dua KEK yang akan dikeluarkan izinnya oleh pemerintah pada 2013, yaitu KEK Palu (Sulawesi Tengah) dan KEK Bitung (Sulawesi Utara).

"Tahun ini, yang pasti keluar Bitung dan Palu. Bahkan, jalan tol Bitung tahun ini di awal Januari tender, dengan viability gap funding dan juga perusahaan yang masuk di situ sudah siap," ujarnya di gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Sedangkan untuk KEK Palu, pemerintah sudah menyiapkan jalan terobosan Parigi ke Teluk Tomini untuk akses menuju KEK seluas 2.000 hektar (ha) tersebut.

"Semua prasyarat sudah terpenuhi, begitupun potensi perkembangan potensi kelautan, pertambangan dan pertanian di situ," katanya.

Hatta menyebut pemilihan kedua KEK tersebut sudah melalui proses evaluasi yang dalam dari total empat KEK yang memiliki potensi.

"Potensi kita sebenarnya tahun ini ada lima KEK, yaitu Bitung, Palu, Mandalika, Maloi dan Tanjung Api-api. Tetapi setelah kita evaluasi secara dalam, dua KEK ini yang akhirnya kita putuskan, kita keluarkan izinnya tahun ini," tandas Hatta.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)