SoftBank bukukan kenaikan laba bersih 200%

Selasa, 30 Juli 2013 - 16:10 WIB
SoftBank bukukan kenaikan laba bersih 200%
SoftBank bukukan kenaikan laba bersih 200%
A A A
Sindonews.com - Operator seluler asal Jepang, SoftBank mengklaim telah meraup laba bersih pada kuartal April-Juni (Q2) 2013, lebih dua kali lipat (200%) dari tahun sebelumnya. Hasil positif ini berkat pertumbuhan kuat dari anak perusahaan mobile game.

Perusahaan, yang baru saja menyelesaikan pembelian operator nirkabel AS Sprint Nextel USD21,6 miliar mengatakan, memperoleh 238,3 miliar yen (USD2,4 miliar), naik dari 105,6 miliar yen pada periode yang sama tahun lalu.

Menurut SoftBank, perubahan dalam cara melaporkan sesuai standar internasional turut menaikkan hasil. Pendapatan melonjak 21,4 persen menjadi 881,1 miliar yen dalam tiga bulan (Sprint belum disertakan dalam hasil perusahaan).

Keuntungan dan kenaikan penjualan terkait dengan pendapatan cepat dari pengembang permainan ponsel Entertainment Gungho Online, yang mengembangkan game mobile hit "Puzzle & Dragons" dan hasil optimis dari layanan ponsel domestik.

Operator telekomunikasi nomor tiga di Jepang itu tidak memberikan perkiraan setahun penuh, tapi presiden Masayoshi Son menyatakan, laba operasi grup akan mencapai 1 triliun yen sampai tahun fiskal yang berakhir Maret 2014.

SoftBank juga mendapatkan manfaat dari meningkatnya permintaan domestik iPhone Apple sebagai salah satu operator seluler Jepang yang menawarkan smartphone populer bersama pesaing KDDI, operator terbesar kedua di negara itu.

Pengambilalihan Sprint akan memberikan pijakan bagi SoftBank di pasar telekomunikasi AS yang menguntungkan. Tapi, beberapa pihak meragukan kesepakatan, yang akan melihat SoftBank mengambil pinjaman lebih besar.

Kinerja Sprint sendiri pada kuartal terakhir negatif dengan menderita kerugian sebesar USD1,6 miliar.

Awal Juli, Moody`s bahkan menurunkan peringkat utang SoftBank, mengutip kekhawatiran posisi keuangan perusahaan tersebut setelah kesepakatan akuisisi perusahaan Jepang terbesar di luar negeri.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5950 seconds (0.1#10.140)