Di Yogyakarta, wisata altenatif kian diburu

Rabu, 14 Agustus 2013 - 18:45 WIB
Di Yogyakarta, wisata altenatif kian diburu
Di Yogyakarta, wisata altenatif kian diburu
A A A
Sindonews.com - Keraton, Malioboro, Candi Prambanan dan Borobudur masih menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang di kota Yogyakarta. Namun belakangan banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi destinasi alternatif. Di antaranya ke pantai, gua dan arung jeram.

“Destinasi konvesional seperti Keraton dan Malioboro memang masih mendominasi, tetapi sekarang banyak tertarik ke Gua Pindul atau pantai-panti di Gunungkidul,” jelas Kabid Promosi Dinas Pariwisata DIY Putu Kertiyasa, Rabu (14/8/2013).

Selama ini, wisatawan domestik paling mendominasi dibanding wisatawan asing. Apalagi saat momen Lebaran, banyak wisatawan asing yang mengeluh. Mereka sulit mendapatkan hotel dan banyak restoran yang tutup. “Semoga mereka ini tidak kapok dan masih mau berkunjung,” jelasya.

Ketua Asosiasi Tour and Travel Indonesia (Asita) Edwin Ismedi Himna mengaku optmistis pasca Lebaran ini wisatawan masih akan meningkat, khususnya wisatawan mancanegara yang akan datang bersamaan dengan liburan musim panas.

Sebenarnya liburan ini sudah sejak bulan Juni lalu, namun mulai Juli sampai Agustus ini, wisatawan mancanegara sudah naik 10 persen. “Sekarang ini di Eropa dan Amerika sedang musim liburan panjang musim panas,” jelas Edwin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9165 seconds (0.1#10.140)