Hindari PHK di perindustrian, pemerintah siapkan insentif

Kamis, 22 Agustus 2013 - 15:50 WIB
Hindari PHK di perindustrian, pemerintah siapkan insentif
Hindari PHK di perindustrian, pemerintah siapkan insentif
A A A
Sindonews.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengaku, dirinya memahami kekhawatiran pelaku industri dalam gejolak pasar keuangan yang tidak menentu saat ini. Oleh karena itu dia menegaskan pemerintah akan menyikapi hal tersebut dengan memberikan insentif kepada dunia industri.

"Bahwa ada keresahan di antara para pelaku industri itu betul. Oleh karena itu kita sekarang menyikapinya agar industri itu dapat insentif sehingga dalam situasi moneter yang tidak menguntungkan tetap mendapatkan advantage," jelas Hidayat di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Dia yakin dengan pemberian insentif dan paket stimulus dari pemerintah, maka tidak akan ada karyawan dan buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) apabila situasi makin tidak menentu.

"Bagaimana industri bisa mendapatkan advantage dari insentif itu sehingga dia tidak melakukan PHK, itu maksudnya," pungkas Hidayat.

Sebelumnya, dalam situasi melemahnya nilai tukar rupiah, dan turunnya IHSG, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kalau ada PHK, rakyat akan lebih sulit lagi dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Karena itu, pemerintah akan menetapkan kebijakan agar tidak mudah terjadi PHK.

“Kita harus mengamankan juga saudara-saudara kita kaum pekerja, sebagaimana mengamankan rakyat yang lain. Oleh karena itulah, kita juga akan melakukan sesuatu bekerja sama dengan dunia usaha apapun tekanan yang dialami oleh dunia usaha dan pemerintah juga alami, jangan sampai sekali lagi mudah melakukan PHK. Sebab kalau terjadi PHK, maka lebih sulit lagi rakyat kita di dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya,” tegas SBY.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5887 seconds (0.1#10.140)