BI minta waspadai penarikan dana di September

Selasa, 27 Agustus 2013 - 09:15 WIB
BI minta waspadai penarikan dana di September
BI minta waspadai penarikan dana di September
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta semua pihak mewaspadai terjadinya tapering off dari program pelonggaran kuantitatif (quantitative easing) atau penarikan dana likuiditas yang dilakukan Bank Sentral AS (The Fed).

Agus mengatakan demikian berdasarkan korespondensi 65 persen pelaku pasar dan perekonomian yang meyakini penarikan dana likuiditas akan dimulai awal September ini.

"Terakhir statement-nya semakin kuat dan ternyata 65 persen responden merespon bahwa tapering off ini akan terjadi," ujar Agus di Gedung DPR, Selasa (27/8/2013), dini hari.

Agus menjelaskan bahwa lima kebijakan BI terkait stimulus ekonomi yang dipaparkan sebelumnya sudah menghitung kemungkinan-kemungkinan tapering off tersebut.

"BI kalau diperhatikan kebijakan-kebijakan yang kita keluarkan adalah kebijakan makro prudential. Tapi juga ada kebijakan untuk meyakinkan struktur pasar keuangan kita itu efisien," kata Agus.

Kebijakan-kebijakan BI tersebut, menurut Agus, bukanlah menciptakan stabilitas saat ini saja, tetapi juga akan membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi ke depannya.

"Kami akan terus jaga terciptanya suatu stabilitas dengan stabilitas. Itu memungkinkan kita mencapai pertumbuhan berkesinambungan," pungkas Agus.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8679 seconds (0.1#10.140)