Produksi ikan tangkap di Sulsel meningkat

Minggu, 01 September 2013 - 12:54 WIB
Produksi ikan tangkap di Sulsel meningkat
Produksi ikan tangkap di Sulsel meningkat
A A A
Sindonews.com - Produksi ikan tangkap di Sulawesi Selatan (Sulsel) menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga 40 ton perhari.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Miftahuddin mengungkapkan, di tempat pelelangan ikan (TPI) Paotere misalnya, terjadi peningkatan 100 persen. Jika sebelumnya nelayan hanya mampu menangkap 20 ton perhari, saat ini naik menjadi 40 ton perhari.

"Peningkatan produksi juga terjadi dibeberapa TPI yang tersebar di kabupaten di Sulsel seperti Bulukumba, Palopo, Sinjai, dan Bone. Setiap hari nelayan mampu menangkap ikan diatas 10 ton," ungakpnya, Minggu (1/9/2013).

Seperti diketahui, indeks harga sektor perikanan termasuk yang menunjukkan fluktuasi harga, namun harga ikan sampai saat ini masih relatif tinggi karena BBM naik. Hanya saja, meski terjadi peningkatan produksi perikanan tangkap, akan tetapi perikanan budidaya justru menunjukkan penurunan hingga 0,30 persen.

Karena itu, lanjutnya, Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel terus melakukan pembinaan dengan cara melakukan pelatihan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan budidaya perikanan.

BPS Sulsel merilis peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) tertinggi di aprli lalu terjadi si subsektor perikanan. Sementara pada bulan juli-Agustus 2013 telah mencapai 111,42 persen. Terkait indeks harga yang diterima petani pada subsektor perikanan sekarang berada di posisi 2,54 persen.

Harga beberapa jenis ikan laut di pasar tradisional di Makassar memang masih tinggi seperti ikan cakalang ukuran sedang harganya masih berkisar Rp10 ribu perekor.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8520 seconds (0.1#10.140)