ECB pertahankan suku bunga rendah 0,5%

Kamis, 05 September 2013 - 20:13 WIB
ECB pertahankan suku bunga rendah 0,5%
ECB pertahankan suku bunga rendah 0,5%
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Eropa, ECB mempertahankan suku bunga acuan di rekor terendah menanggapi pemulihan ekonomi yang masih rapuh

Dewan gubernur ECB memutuskan untuk mempertahankan refinancing rate stabil di titik terendah sepanjang waktu sebesar 0,50 persen. Bank sentral juga mempertahankan dua suku lain, yakni suku bunga deposito dan suku bunga pinjaman marjinal, masing-masing 0 persen dan 1,0 persen.

Namun, langkah tersebut dinilai telah gagal menurunkan harga pasar - tugas yang membuat sulit bagi Kepala ECB Mario Draghi atas pemulihan zona euro yang masih rentan.

"Ini seperti yang diperkirakan," kata ekonom Bank Berenberg, Christian Schulz, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (5/9/2013).

"Semua mata akan tertuju pada konferensi pers. Ini semua tentang seberapa yakin ECB, bahwa pemulihan akan berlangsung, dan apa yang mungkin berarti untuk bimbingan mereka," tambahnya.

Draghi sendiri dilaporkan akan menggelar konferensi pers pada pukul 12.30 GMT. Di mana data ekonomi baru telah datang relatif kuat, sebagian validasi dari skenario utama ECB atas pemulihan bertahap semester kedua tahun ini, dan kecepatan pada 2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7143 seconds (0.1#10.140)