Ini usulan Kementan jaga harga kedelai

Sabtu, 07 September 2013 - 14:09 WIB
Ini usulan Kementan...
Ini usulan Kementan jaga harga kedelai
A A A
Sindonews.com - Untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian, serta mencegah naiknya harga kedelai, Kementerian Pertanian (Kementan) menyarankan beberapa hal untuk segera dilakukan pemerintah.

Direktur Budidaya Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian, Maman Suherman mengatakan, langkah pertama dengan menyediakan areal tanam kedelai seluas 1 juta hektare (ha).

"Karena itu, pemerintah akan berikan modal awal pada petani kedelai agar ini menarik," ujar Maman saat diskusi Sindo Radio di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (7/9/2013).

Langkah kedua, pihaknya akan melakukan kerja sama kontrak dengan PT Perum Bulog agar Bulog langsung menyerap kedelai lokal petani dan produsen lainnya. "Sehingga nantinya tidak ada data yang miss seperti sekarang ini," ucapnya.

Ketiga, regulasi dan perundang-undangan pemerintah harus mendorong terwujudnya Cadangan Kedelai Nasional (CKN), agar ketika ada gejolak harga kedelai pemerintah bisa langsung mengintervensi dengan mengeluarkan cadangan.

Keempat, Kementan meminta semua pihak menjaga pasokan dan ketersediaan kedelai. Pasalnya, kedelai adalah investasi jangka panjang dan tidak bisa instan.

"Kalau kita bicara perkebunan kedelai itu cepat perluasannya, tetapi bertambahnya pasokan kedelai akan lama. Karena itu, pastikan kesediaan kedelai," pungkas Maman.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0652 seconds (0.1#10.140)